PENGADILAN TINGGI PALANGKARAYA LAKSANAKAN PELATIHAN PELAYANAN PRIMA DAN BAHASA ISYARAT
Palangka Raya, 22 Juli 2025 │ Bertempat di ruang Aula Pertemuan Isen Mulang, Pengadilan Tinggi Palangkaraya menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima (Service Excellent) bekerja sama dengan Bank BRI Cabang Palangka Raya dan Pelatihan Bahasa Isyarat yang berkolaborasi dengan DPD Gerkatin Kalimantan Tengah. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta mutu pelayanan publik di lingkungan peradilan, khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan.
Acara tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palangkaraya, Ibu Dr. Pujiastuti Handayani, S.H., M.H., turut hadir Wakil Ketua, para Hakim Tinggi dan Hakim Ad Hoc, Panitera, Sekretaris, para Pejabat Struktural/ Fungsional, ASN, dan PNPN pada Pengadilan Tinggi Palangkaraya. Peserta pelatihan yang menjadi sasaran utama adalah petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan petugas Satpam, sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.
Narasumber dari BRI Cabang Palangka Raya Ibu Nurlaila, membawakan materi sekaligus memberikan pelatihan praktis terkait teknik-teknik pelayanan prima. Dalam pemaparannya, beliau menekankan pentingnya sikap profesional, komunikasi efektif, serta etika pelayanan dalam membangun citra lembaga yang responsif dan ramah terhadap masyarakat.
Sementara itu, Pelatihan Bahasa Isyarat disampaikan langsung oleh Ibu Yosnarismayani (Ketua Gerkatin) dan Ibu Normilayanti, S.T. (pendamping & juru bahasa isyarat). Mereka menjelaskan bahwa ada dua jenis Bahasa Isyarat yang umum digunakan, yaitu Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Di Kalimantan Tengah, BISINDO lebih banyak digunakan karena dianggap lebih mudah dimengerti, serupa dengan bahasa ibu. Pentingnya pelatihan bahasa isyarat ini ditekankan untuk mempermudah komunikasi dengan kalangan tunarungu, memastikan mereka mendapatkan pelayanan yang setara.
Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab yang berlangsung secara interaktif, memberikan ruang bagi peserta untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan memperdalam pemahaman mengenai penerapan prinsip-prinsip pelayanan prima di lingkungan peradilan (OK/ FSS).
Berita/Pengumuman Mahkamah Agung
QR CODE STANDAR PELAYANAN
Sistem Informasi Penelusuran Perkara
Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung
Pencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia
Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi
Pencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia
Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas